Teknologi CTP Offset Printing Part 1

Hola guys! Welcome back to our friendly blog.. Gimana guys kalian masih penasaran sama CTP? Tenang aja ya dikesempatan kali ini, mimin bakal bahas ni teknologi CTP pada prinsip kerja desain imagesetter. Bagi kalian yang belum tahu apa itu CTP, baca di artikel kami ya yang berjudul “Offset Printing Pakai Teknologi Apa Sih?”.

 

Pada CTP terdapat tiga teknologi pada prinsip kerja desain imagesetter, yaitu External Drum, Internal Drum, dan tipe flat-bed. Di part 1 ini mimin akan bahas terlebih dahulu untuk External Drum.

 

Pemasangan pelat pada Drum pada dasarnya serupa dengan pemasangan pelat pada silinder cetak dimana Imaging Head memfokuskan pada satu atau lebih sinar laser pada permukaan pelat. Imaging Head bergerak sepanjang sumbu Drum dimana sementara sumbu Drum berputar. Saat pasokan sinar bekerja terus-menerus, satu titik sinar laser menyorot pelat cetak dalam satu sapuan atau dengan bertahap jika “gap” (perangkat penjepit atau clamping device yang terdapat pada area Drum) berputar melewati Imaging Head.

 

Lalu keuntungan teknologi CTP dengan menggunakan metode External Drum apa sih? Keuntungannya yang pertama adalah pada metode External Drum ini secara struktural maupun optik relatif lebih mudah untuk fokus dengan beberapa sinar laser secara bersamaan pada permukaan pelat. Hal tersebut memiliki dampak pada pengungaran waktu yang diperlukan untuk “imaging” seluruh pelat cetak. Keuntungan kedua pada metode External Drum ini adalah optik atau sumber lasar memiliki posisi yang sangat dekat dengan permukaan pelat sehingga mampu mengurangi distorsi sinar laser.

 

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa metode External Drum ini memiliki kelemahan ya, karena silinder yang membawa plat tersebut berputar. Ketika silinder yang membawa plat tersebut berputar, maka kemungkinan dapat terjadi ketidakseimbangan image yang dihasilkan sebagai akibat dari gaya sentrifugal.

 

Oke sekian informasi yang diberikan oleh mimin mengenai teknologi CTP External Drum. Tapi jangan kemana-kemana tetep terus pantengin website kami ya karena selanjutnya mimin akan bahas teknologi CTP Internal Drum dan Flat-Bed pada part 2. Our friendly reminder stay healthy and stay safe. Good bye and see ya!!

 

Baca artikel: https://www.bintangtimursempurna.co.id/blog/offset-printing-pakai-teknologi-apa-sih.html

 

Share Links