TEKNIK PERPADUAN WARNA YANG TEPAT UNTUK USAHAMU PART 2

Hello guys! Welcome back to Bintang Timur Sempurna! Kembali lagi ya sama Minbi di hari yang membahagiakan ini. Minbi akan melanjutkan membahas mengenai “Teknik Perpaduan Warna yang Tepat Untuk Usahamu Part 2” ya guys. So jangan kemana-kemana ya! Bagi kalian yang belum baca part 1 nya jangan lupa dibaca dulu ya guys!

 

Perpaduan Warna

 

Teknik perpaduan warna pada umumnya menggunakan perpaduan warna harmonis atau color harmony. Perpaduan warna hamonis atau color harmony merupakan perpaduan warna yang memadukan dua warna atau lebih karena menganut prinsip-prinsip seni rupa. Warna tetap harmonis dengan memakai prinsip kontras, kesatuan, dan lain-lain melalui data lokasi warna yang terdapat pada lingkaran warna (color wheel). Pada umumnya warna-warna yang dikombinasikan adalah warna yang letaknya bersebelahan/berdampingan atau berhadapan pada color wheel. Agar mempermudah kamu dalam memkombinasikan warna, maka ada beberapa rumus pada sebagai berikut:

 

Perpaduan Warna Analogous/Analogus

 

Perpaduan Warna Analogous

 

Analogous merupakan kombinasi dari dua warna yang berdekatan dalam color wheel. Pilihlah salah satu warna dan kemudian ambil 1-2 warna yang bersebelahan pada warna tersebut. Perpaduan warna analogous ini termasuk dalam color harmony karena warna-warna yang dipilih masih mirip dari warna utamanya (prinsip kesatuan). Contohnya pada gambar dibawah ini.

 

 

Perpaduan Warna Monochromatic

 

Perpaduan Warna Monochromatic

 

Monochromatic adalah kombinasi dari berbagai warna yang dihasilkan atau terbuat dengan shade dan tint yang berbeda. Contoh biru tua, biru muda dan sebagainya. Berikut contoh lainnya pada gambar dibawah ini.

 

Perpaduan Warna Complementary

 

Perpaduan warna complementary merupakan kombinasi warna antara warna-warna yang letaknya saling berseberangan atau berhadapan pada color wheel. Perpaduan warna complementary ini akan nampak indah dikarenakan keduanya berbeda jauh namun saling melengkapi. Complementary ini juga harmonis berdasarkan pada prinsip seni rupa dan desain, yaitu kontras. Contoh perpaduan warna complementary  pada gambar dibawah ini.

 

Perpaduan Warna Complementary.

 

Perpaduan Warna Split Complementary

 

Perpaduan warna split complementary merupakan kombinasi dua warna yang berhadapan namun tidak benar-benar tepat berhadapan pada color wheel. Pada umumnya split complementary akan memakai dua warna lain dari warna utama agar dapat sedikit mereduksi kekontrasan yang terjadi. Contoh split complementary pada gambar dibawah ini.

 

Perpaduan Warna Split Complementary

 

Perpaduan Warna Triadic Complementary

 

Perpaduan warna triadic complementary merupakan kombinasi tiga warna yang berseberangan dengan membentuk sudut 60 derajat pada color wheel. Pemilihan kombinasi warna triadic complementary pada color wheel menyerupai segitiga sama sisi. Contoh dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

 

Perpaduan Warna Triadic

 

Perpaduan Warna Tetrad Complementary

 

Perpaduan tetrad complementary merupakan kombinasi empat warna yang berseberangan dan membentuk sudut 90 derajat pada lingkaran warna. Tetrad Complementary biasa disebut double complementary. Contoh tetrad complementary pada gambar dibawah berikut.

 

Perpaduan Warna Tetradic

 

Oke jadi itu ya guys rumus-rumus perpaduan warna yang bisa kamu gunakan agar design yang kalian akan pakai atau dalam menentukan warna produk maupun usaha kamu dapat menjadi lebih menarik dan bagus. Kalau gitu Minbi pamit undur diri dulu dan sampai ketemu lagi besok ya guys! Happy Monday dan semangat terus dalam menjalankan aktivitas kalian. Stay safe and stay healthy!

Baca juga: Teknik Perpaduan Warna Yang Tepat Untuk Usahamu Part 1

Share Links