TEKNIK PERPADUAN WARNA YANG TEPAT UNTUK USAHAMU PART 1

Halo guys! Kembali lagi sama Minbi. Ets jangan kemana-kemana dulu ya! Minbi kali ini mau bahas “Teknik-Teknik Perpaduan Warna Yang Tepat Untuk Usahamu Part 1” ni. Tentunya informasi ini akan bermanfaat untuk kamu. Dan juga nantikan part 2 nya nanti di hari senin tanggal 22 Maret 2021 ya!

 

Oke mungkin terkadang dalam memilih perpaduan warna atau memilih warna saat ingin mendesain atau mendekor suatu ruangan seringkali bingung warna yang cocok apa ya. Perpaduan warna ini sebenarnya merupakan salah satu hal yang krusial pada seni dan desain. Memilih berbagai warna untuk dipadukan satu sama lain supaya tampak menjadi harmonis itu tidak mudah. Nah sebenarnya terdapat beberapa panduan atau arahan awal kombinasi yang dapat digunakan dari teori warna dan prinsip seni untuk mempermudah prosesnya, yaitu Color Harmony.

 

Sebelum kamu mix and matach ada baiknya jika ditelusuri terlebih dahulu sedikit mengenai pengetahuan umum dari warna itu sendiri. Dengan mengetahui berbagai elemen warna akan menambah ruang gerak kreativitas kamu disaat menata warna.

 

Dimensi Warna

 

  1. Hue

 

Hue merupakan warna murni, tanpa tint atau shade. Teknologi digital memberikan banyak pilihan untuk memodifikasi hue. Modifikasi hue ini dapat memberikan kesan yang berbeda dan juga unik pada berbagai macam objek berwarna dalam suatu karya.

 

Hue Biru

Hue Merah

Hue Hijau

Indigo

Burgundy

Emerald

Teal

Pink

Olive

Turquoise

Crimson

Jade

Navy

Magenta

Mint

Sapphire

Wine

Lime

 

 

  1. Saturasi

 

Saturasi merupakan tingkat kepekatan warna. Warna yang mempunyai tingkat saturasinya tinggi akan tampak mencolok. Sebaliknya jika tingkat saturasinya rendah, maka warna tersebut akan terlihat lebih pudar. Saturasi biasa juga dikenal dengan sebutan chroma atau intensitas warna.

 

Pada pigmen saturasi juga ditentukan oleh kualitas bahan cat. Apabila kualitas cat kurang baik, maka bahan pigmen warna biasanya lebih sendikit dan lebih banyak mengandung filler (bahan campuran perekat cat) hasilnya warna lebih pudar.

 

Sementara pada cat dengan kualitas yang baik, bahan pigmen lebih banyak dari filler, sehingga warna terlihat lebih mencolok. Selain itu saturasi juga ditentukan oleh campuran shade dan tint. Menambahkan cat putih dan hitam akan dapat mengurangi saturasi warna cat asli tersebut. Saturasi ini pun juga tergantung pada jumlah kandungan bahan pelarut cat.

 

  1. Gelap Terang

 

Gelap terang atau biasa dikenal value adalah seberapa banyak tint atau shade yang terdapat pada warna. Tint akan menghasilkan lebih banyak warna yang terang dan sementara shade lebih dominan menghasilkan warna yang gelap.

 

Jenis Warna

Warna memiliki dua jenis, yaitu warna aditif dan subtraktif. Warna aditif adalah warna yang berasal dari cahaya dan biasa disebut spectrum. Sedangkan warna subtraktif berasal dari pigmen atau cat. Contoh warna aditif adalah RGB (Red, Green, Blue) dan warna subtraktuf adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, ditambah Black (Key)).

 

Oke guys kira-kira itu dulu ya info seputar warna ya. Setidaknya kamu sudah tahu basic dari warna itu sendiri dan tungguin part 2 nya karena disitu akan dibahas mengenai teknik perpaduan warna nya ya guys! Kalau gitu tetap jaga kesehatan dan semangat jalani aktivitas hari ini! See ya guys!

 

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Itu Lanyard?

Share Links