Ragam Ukuran Dan Jenis Spanduk

Spanduk biasanya digunakan untuk menampilkan informasi ataupun himbauan penting. Spanduk memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta lokasi pemasangan. Pemasangan spanduk biasanya dipasang atau dibentangkan di atas jalan raya, pinggir jalan, pintuk masuk kompleks perumahan atau juga tembok perusahaan. Selain ukurannya yang beragam, spanduk juga memiliki beberapa jenis.

Berikut jenis bahan spanduk :

  1. Flexi China - Jenis bahan ini cenderung tipis dan kasar. Flexi China digunakan untuk pembuatan Y banner, X banner, dan roll-up banner. Sifat bahan ini terbilang lebih awet untuk dipakai bahan banner.
  2. Flexi Korea - bahan flexi Korea memiliki tekstur lebih halus sehingga menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Jenis bahan ini memiliki ketebalan yang cukup baik sehingga cocok dijadikan bahan promosi outdoor seperti spanduk dan baliho. Namun, bisa juga untuk banner dan backwall/backdrop.
  3. Flexi Jerman – bahan ini memiliki kualitas diatas jenis bahan flexi China dan Korea. Memiliki ketebalan yang sangat baik maka lebih kuat dijadikan spanduk atau baliho outdoor. Bahan flexi Jerman hanya ada didapatkan di industri besar karena harganya tergolong mahal.
  4. Albatros - bahan ini memiliki tekstur yang tipis bahkan bisa dikatakan mirip dengan kertas. Karena jenis kertas ini tipis maka mudah sekali robek sehingga cocok dijadikan bahan untuk untuk membuat poster, mini X banner, X banner, Y banner, dan roll-up banner yang diletakkan di dalam ruangan.
  5. Luster - jenis bahan ini juga memiliki tekstur yang tipis dan kasar. Keunggulan luster yakni bahannya sudah mengkilap maka Anda tidak perlu melakukan laminasi tambahan terhadap bahan luster jika menjadikannya bahan roll-up banner.
  6. Easy banner – jenis bahan ini memiliki tekstur yang kasar dan agak kaku. Cocoknya untuk standing banner yang diletakkan diluar ruangan. Anda dapat menyesuaikan ukuran spanduk standar banner untuk outdoor sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Banner cloth - Jenisnya yang tipis, ringan maka terlihat mirip dengan kain. Karena sangat ringan, banner cloth biasanya dipakai sebagai bahan banner dalam acara-acara peresmian di mana ada banner yang diterbangkan dengan balon. Anda dapat memilih ukuran spanduk standar banner cloth kecil agar lebih mudah diterbangkan.

Ukuran spanduk

Setelah membahas dan mengetahui jenis bahan spanduk, selanjutnya mengetahui ukuran spanduk standar. Untuk ukuran spanduk maupun banner sebenernya tidak ada ukuran pasti berapa standar minimal atau maksimalnya Anda dapat menentukannya sendiri atau menyesuaikan dengan lokasi pemasangannya.

Berikut beberapa ukuran spanduk standar yang bisa dijadikan referensi :

  1. 5 m x 1 m
  2. 4.5 m x 2 m
  3. 4 m x 0.8 m
  4. 3 m x 1 m
  5. 3 m x 0.8 m
  6. 2 m x 1.5 m

Share Links