Perlu Gak Sih Cetak Kartu Ucapan?

Pasti kalian tahu kan kartu ucapan itu apa? Ya, sesuai namanya, kartu ucapan adalah kartu yang diberikan dari satu orang ke orang lain dengan berisikan ucapan atau pesan pada situasi-situasi khusus yang spesial. Situasi atau kesempatan khusus seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, atau Valentine yang bersifat perayaan hari besar. Atau juga pencapaian seseorang atau sekelompok orang seperti ulang tahun, pernikahan, kelulusan, wisuda, pembukaan usaha, dan lain-lain. Kartu ucapan juga sering digunakan untuk menulis pesan bernada humor, persahabatan, cinta, permohonan maaf, simpati, belasungkawa, atau sekedar mengucapkan terima kasih. Biasanya kartu ucapan disertakan pada karangan bunga, parsel, kado atau hampers. Tentunya kartu ucapan dicetak dengan berbagai jenis ukuran dan bahan kertas, disertai dengan gambar, foto, atau design yang menarik dan unik, sehingga dapat dikenang.

 

Kartu ucapan sudah sering digunakan dari sejak lama di berbagai belahan dunia. Lalu pertanyaannya, apakah di era modern yang serba online ini, kartu ucapan masih perlu dalam bentuk fisik? Memang sudah banyak kita temui kartu ucapan secara virtual, tapi ternyata masih banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kartu ucapan yang dicetak lho, terutama jika penerimanya adalah orang-orang yang memang sangat dekat dengan si pemberi, seperti pasangan, pacar, keluarga, saudara, teman, kerabat, rekan bisnis dan lainnya. Kartu ucapan yang dicetak juga memiliki kesan yang lebih mendalam dan bermakna, serta lebih memorable untuk disimpan / dipajang.

 

Kartu ucapan fisik juga terkesan lebih formal jika mengirim bunga untuk rekan bisnis atau teman yang baru membuka usaha, atau pada parsel saat hari-hari raya. Untuk menyampaikan pesan simpati atau belasungkawa, biasanya juga menggunakan kartu ucapan secara fisik, apalagi jika dalam kegiatan sosial dan tujuannya adalah orang-orang yang memang kurang mampu atau korban bencana alam, yang mungkin sulit memiliki akses internet. Orang-orang tua juga biasanya lebih suka menggunakan kartu ucapan fisik yang dicetak, karena lebih mudah dibaca dan terlihat.

Share Links