Perbedaan Hard Cover dan Soft Cover

Hola guys! Welcome back! Hari ini Minbi akan membahas perbedaan hard cover dan soft cover. Yuk simak!

 

Hampir ditemukan baik pada setiap buku maupun majalah, makalah, serta laporan tertulis lainnya menggunakan sampul. Namun terkadang ditemukan sampul yang keras dan sampul yang tidak keras. Pada umumnya sampul yang keras dan tebal biasa dikenal dengan istilah hard cover dan sampul yang tidak keras dan tidak terlalu tebal dikenal dengan istilah soft cover. Bahan yang digunakan dan proses pembuatannya pun berbeda. Oleh karena itu Minbi mau bahas ni perbedaan hard cover dan soft cover.

 

Hard cover merupakan sampul yang berbahan keras dan tebal. Hard cover sendiri berfungsi sebagai pelindung buku dan memiliki tampilan yang menarik dan mewah. Biasanya jenis sampul ini digunakan dalam meeting formal, presentasi, kinerja perusahaan, ataupun buku panduan. Hard cover ini terdiri dari Carton Board (papan berbahan kertas) yang dilapisi kertas tipis seperti art paper dan terdapat tali pita pembatas. Proses pembuatannya cukup rumit dan memakan waktu yang lebih lama namun tergantung juga pada tingkat kesulitannya. Karena tingkat kesulitannya yang rumit hard cover tentu memakan biaya yang cukup mahal. Namun jenis sampul ini tentu memiliki daya tahan yang cukup lama dan awet.

 

Soft Cover

 

Soft cover merupakan sampul yang berbahan tidak keras, tidak terlalu tebal, dan memiliki sifat yang sedikit lentur. Soft cover biasa ditemukan pada buku, novel, majalah dan lainnya. Jenis sampul ini biasa menggunakan bahan art carton atau art paper yang kemudian dilaminasi doff atau glossy. Proses pembuatan tidak serumit dan selama proses pembuatan hard cover. Biaya yang dikenakan tidak mahal dan tergolong murah.

 

Oke guys kira-kira seperti itu penjelasan singkat mengenai perbedaan hard cover dan soft cover ya. Jadi mulai sekarang kalian dapat menentukan jenis sampul pada buku maupun media baca. Kalau kalian masih bingung dan ingin bertanya langsung aja kontak Minbi di contact yang tertera di website ini ya. And friendly reminder juga temen-temen tetap jaga kesehatan dan mematuhi protokol yang ditetapkan ya! Stay safe and stay healthy!

 

Baca juga: Hal Penting Dalam Mencetak Buku Restoran

Share Links