Perbedaan Corrugated Box, Card Box, dan Rigid Box

Hola guys! Minbi kali ini mau bahas mengenai perbedaan corrugated box, card box, dan rigid box. Yuk simak dulu!

 

Di zaman yang terus berkembang ini semakin banyak usaha-usaha yang terus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya, termasuk dalam membuat packaging box dengan desain yang unik dan menarik. Tapi kalian udah tahu setiap box tersebut mempunya jenis-jenis dan kegunaannya berbeda? Pada umumnya ada beberapa macam packaging box, seperti corrugated box, card box, dan rigid box. Nah minbi akan bahas ni guys perbedaan corrugated box, card box, dan rigid box.

 

Corrugated Box

 

Corrugated Box atau biasa dikenal dengan sebutan kardus merupakan box yang terbuat dari bahan kertas corrugated dan kertas kraft. Bahan corrugated mempunyai bagian yang bergelombang dan dilapisi oleh kertas kraft.

 

Corrugated box ini pada umumnya digunakan untuk mengemas sebuah produk baik ringan maupun berat. Contohnya adalah seperti televisi, laptop, makanan, dan buah-buahan. Corrugated box dapat juga dibuat dengan model dan logo tertentu. Ketebalan box ini pun dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

 

Card Box

 

Card box adalah box yang terbuat dari bahan kertas duplek, kertas art carton, atau kertas kraft. Card box biasa dikenal dengan istilah paper box. Card box sering didesain dengan model bentuk yang unik-unik sehingga kemasannya tampak berbeda. Card box pada umumnya digunakan untuk produk-produk yang tidak terlalu berat. Nah jenis box ini sering kita dijumpai tanpa disadari, seperti kotak nasi, kotak snack, kotak bakpia, kotak baju, box brownies dan lain-lain.

 

Proses pembuatan card box pun terbilang simple dan tidak rumit seperti rigid box. Card box ini dapat dicetak menggunakan mesin offset dan digital printing. Finishingnya pun dapat bervariasi seperti laminasi glossy atau doff, penambahan embossed atau debossed, dan sebagainya. Apabila untuk makanan biasanya bagian dalamnya juga dilaminasi. Card box dapat dibuat dengan ketebalan yang beragam.

 

Rigid Box

 

Rigid box adalah box yang terebuat dari bahan board atau biasa dikenal dengan istilah kertas karton yellow. Mengapa yello? Karena kertas ini memiliki warna dasar kuning walaupun tersedia juga warna lain seperti abu-abu. Rigid box memiliki ketebalan yang bervariasi.

 

Tetapi berbeda dengan card box, rigid box ini tidak bisa dicetak karena ukurannya yang tebal dan memiliki tekstur yang kasar. By the way gift box biasa menggunakan rigid box ini lho. Pembuatannya pun lebih rumit dan memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan perakitan sebelum dipakai sebagai kemasan produk. Namun hasilnya pun sebanding dengan hasil yang diperoleh karena rigid box ini sangat menarik dan unik. Produk yang menggunakan rigid box sebagai kemasan akan tampak terlihat mewah, berkelas, dan elegan. Hal ini menambah nilai pada usahamu.

 

Baca juga: Ketahui Jenis-jenis Label Baju

Share Links