Pentingkah Offset Printing Bagi Suatu Bisnis?

Hallo guys! Hari ini Minbi akan membahas “Pentingkah Offset Printing Bagi Suatu Bisnis?”. Yuk simak dulu!

 

Tahukah kalian bahwa tanpa disadari dimanapun kalian berada disitu terdapat hasil-hasil cetakan seperti kalender, poster, banner, buku, hang tag, packaging box, dan lain-lainnya? Setiap perusahaan tentu akan mencetak hal-hal tersebut untuk keperluan promosi. Jadi masih pentingkah offset printing bagi suatu bisnis? Tentu penting sekali ya guys! Tapi sebelum itu apasih offset printing?

 

Teknik offset printing sudah banyak dipakai dalam industri yang membutuhkan hasil cetak dengan kualitas yang tinggi. Contoh seperti industri majalah, koran, brosur, buku, dan lainnya yang sudah kamu temukan. Dalam prosesnya, materi yang akan dicetak dipindahkan dari sebuah pelat ke lapisan karet dan selanjutnya dicetak di atas permukaan bahan. Oleh karena offset printing menggunakan tinta basah, maka diperlukan waktu pengeringan yang agak lama setelah proses percetakan selesai. Namun terlepas dari itu ada banyak sekali keunggulan percetakan offset printing bagi bisnis kamu.

 

Mampu mencetak dalam quantity yang sangat banyak

 

Percetakan dengan teknik offset printing tidak dapat dibilang sederhana dan mudah. Walaupun file materi yang akan dicetak sudah terdapat pada komputer, namun dalam mencetaknya pada bahan tidak bisa otomatis. Harus melalui proses pemindahan dari file digital ke pelat logam agar kemudian bisa dicetak di atas bahan. Cat yang digunakan adalah cat basah, sehingga memerlukan waktu pengeringan yang tidak sebentar.

 

Ribet ya? Etss tunggu dulu! Namun, upaya ekstra ini sesuai dengan kemampuan cetaknya yang mampu memenuhi skala besar. Ketika materi sudah dipindahkan ke pelat logam, maka pelat inilah yang akan digunakan untuk mencetak warna dari tulisan dan gambar ke bahan.

 

Pada setiap penceteakan, operator mesin offset akan mengontrol aliran tinta dengan memutar tombol untuk memastikan kualitas cetak tetap pada tingkat yang optimal. Dengan itu, proses mencetak tidak akan terganggu dan walaupun dalam jumlah yang besar, tetap bisa dilakukan secara lebih singkat dengan kualitas yang konsisten.

 

Biaya yang terjangkau

 

Salah satu keuntungan dari offset printing apabila dibandingkan dengan digital printing adalah biaya yang rendah untuk hasil cetak berkualitas tinggi. Semakin banyak pesanan kamu, biaya cetaknya akan semakin murah.

 

Kualitas cetakan yang tinggi dengan harga terjangkau sangat mungkin terjadi pada industri percetakan offset printing. Hal ini dikarenakan satu file desain membutuhkan satu pelat logam cetak saja. Ketika sudah dicetak ke dalam pelat logam, maka pelat tersebut digunakan dalam produksi missal. Dalam prosesnya, komputer membuat gambar di atas pelat dan kemudian pelat tersebut digunakan untuk mencetak gambar berkali-kali pada media yang sudah dipilih.

 

Pilihan bahan yang bervariasi

 

Ketika kamu menggunakan mesin printer biasa untuk mencetak, maka material bahan yang bisa digunakan terbatas hanya pada kertas. Tentu hal ini akan membuat kamu sulit ketika kamu menginginkan mencetak dengan bahan materi yang berbeda. Tapi, jika menggunakan mesin offset printing untuk mencetak, terdapat banyak pilihan untuk bahan materialnya.

 

Mesin offset printing dapat mengakomodasi pencetakan materi pada berbagai media atau bahan material. Misalnya pencetakan pada bahan kulit, kain, kertas kraft, vinyl, kayu, logam dan lain-lainnya. Kamu dapdat membuat proyek unik untuk promosi bisnis pada media yang tidak terbatas hanya pada kertas saja.

 

Kualitas gambar terjamin

 

Memilih offset printing ini kamu dapat mengharapkan hasil gambar berkualitas sangat baik. Tetapi, kualitas hasil cetakan yang bagus ini juga memerlukan dukungan dari file desain yang beresolusi tinggi juga. Karena tidak akan mungkin hasil cetakan offset berkualitas tinggi namun desain digitalnya beresolusi rendah.

 

Selama file desain kamu beresolusi tinggi, percetakan offset dapat dipakai untuk mengatur dan mencari warna secara manual. Seperti, mencocokan warna dengan sistem pencocokan pantone dan mencampurkan warna dalam palet yang sama. Saat kamu sudah mendapatkan pencampuran warna yang diinginkan, operator akan mencetak file tersebut.

 

Keuntungan menggunakan offset printing untuk keperluan bisnis memang sangat besar dan menguntungkan. Mulai dari biaya yang terjangkau, bahan material yang bervariasi, dan mencetak dengan jumlah yang besar. Oleh sebab itu jangan ragu menggunakan jasa percetakan offset printing untuk keperluan bisnis kamu. Hubungi Minbi ya untuk keperluan cetakmu!

 

Baca juga: 6 Keuntung Promosi Menggunakan Kalender

Share Links