Pengertian Barcode dan Jenis-jenisnya

Halo guys kembali lagi sama Minbi! Hari ini Minbi akan membahas nih mengenai “Pengertian Barcode dan Jenis-jenisnya”. Nah tapi kalian sendiri udah tahu apa itu barcode dan jenis-jenisnya?

 

Sekarang ini penggunaan barcode menjadi hal yang sering digunakan pada setiap transaksi pembayaran seperti penggunaan QR Code. Untuk itu perlu diketahui pengertian barcode dan jenis-jenisnya. Barcode merupakan sekumpulan kode yang berbentuk garis dan masing-masing ketebalan garisnya berbeda sesuai karakter yang diwakilkannya. Barcode pada umumnya akan ditempelkan pada label dan kemudian ditempelkan lagi di produk yang akan diwakilinya atau dicetak langsung pada produknya agar dapat mengidentifikasikan produk tersebut. Informasi yang terdapat pada barcode yang dibuat tersebut dapat berupa nomor seri, nomor model, nomor identitas, kode produksi, dan lain-lain. Informasi tersebut mempermudah dan mempercepat diidentifikasikan produk tersebut oleh sistem komputer.

 

Barcode atau kode-kode batang ini dibaca dan diterjemahkan menggunakan sistem komputer dan alat Barcode Scanner. Nah seperti yang Minbi bilang saat ini aplikasi barcode scanner sudah sering dipakai di masa pandemi COVID-19 ini baik untuk transaksi maupun untuk mengakses suatu file. Dan seiring berkembangnya zaman kode tersebut tidak hanya berupa batang-batang namun juga berupa kotak-kotak kecil. Untuk itu terdapat dua jenis barcode sebagai berikut:

 

  1. Jenis 1D Barcode

 

Barcode 1 dimensi atau 1D secara langsung terkait dengan seberapa banyak informasi yang dimilikinya. Oleh karena itu, pengguna harus membatasi jumlah karakter pada 1D barcode dan biasanya diantara 8 hingga 15 karakter pada setiap barcodenya. Barcode 1D biasanya dipakai diseluruh operasi perusahaan agar menghemat waktu dan membuat alur kerja invetaris lebih efisien. Barcode 1 dimensi pun memililki beberapa jenis diantaranya barcode jenis Code 39, Code 128, Interleaved 2 of 5, UPC dan EAN. Berikut adalah contoh barcode tersebut.

 

Barcode

 

  1. Jenis 2D Barcode

 

Barcode dua dimensi atau 2D Barcode secara disistematis mewakilkan data dengan memakai simbol dan bentuk dua dimensi. Barcode dua dimensi ini mirip dengan barcode 1 dimensi linier, namun dapat mewakili lebih banyak data per unit area. Barcode dua dimensi mencakup beberapa jenis barcode yang lebih baru, seperti PDF 417 dan QR Code.

 

Keuntungan menggunakan barcode dua dimensi adalah formula perlindungan kesalahannya. Kode-kode tersebut dirancang untuk menjaga data tetap utuh serta dapat dipindai dengan mudah, sekalipun pada kondisi label yabg terkoyak, tergores, atau rusak. Fitur barcode dua dimensi ini cocok untuk aplikasi pemindaian yang lebih intens dan bergerak cepat. Berikut dibawah ini contoh barcode dua dimensi.

 

Barcode

 

Oke kira-kira itu ya guys penjelasan singkat mengenai pengertian barcode dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya guys! Stay safe and stay healty! Bye-bye!

 

Baca juga: Inilah Bahan dan Warna Yang Tepat Untuk Brosur

Share Links