PART II : Stereotype Perusahaan Percetakkan

“OFFSET PRINTING / Perusahaan Percetakkan”

Apa yang kalian ketahui tentang kata diatas? Sebuah perusahaan yang hanya sekedar mencetak permintaan customer? Atau perusahaan yang memiliki banyak printer? Seringkali bagi orang awam proses cetak kami adalah menggunakan printer. Sebenarnya, Perusahaan percetakkan masih terbagi dua yaitu digital printing dan offset printing. Dan kami tidak menggunakan printer melainkan mesin khusus cetak.

 

Mesin cetak sendiri terbagi banyak jenis mulai dari mesin cetak 1 warna hingga 5 warna. PT Bintang Timur Sempurna merupakan perusahaan offset dimana mesin yang kami gunakan berbeda dengan digital. Mesin kami sendiri terdiri dari mesin cetak 1 warna, 2 warna, dan 5 warna. Untuk warna sendiri dalam cetakkan bisa dibedakan menjadi warna khusus dan sparasi. Biasanya permintaan warna-warna pastel yang sedang trend saat ini merupakan cetakkan dengan warna khusus. Tinta untuk mesin cetak sendiri ada beberapa jenis. Untuk pembahasan lebih lanjut akan kami ulas di next blog dengan judul “Digital Printing vs Offset Printing”.

 

Stereotype selanjutnya adalah banyak yang berfikir bahwa kami hanya sekedar mencetak saja padahal, kami juga bisa turut berpartisipasi memberikan ide untuk produk yang ingin dicetak. Dari segi design, bentuk, bahan kertas, finishing, sampai hasil akhir seperti apa bisa didiskusikan dengan kami loh. Terutama untuk kalian semua yang baru mau memulai bisnis dan belum pernah memiliki pengalaman dalam mencetak sebelumnya. Team kami siap sekali membantu kalian agar apa yang kalian pikirkan dapat direalisasikan dalam bentuk hasil akhir cetakan nantinya.

 

Contohnya sebuah perusahaan mesin memiliki permintaan untuk dibuatkan kalender akan tetapi mereka ingin kalendernya berbeda tiap tahunnya dan berbeda dengan kalender lainnya. Kami coba diskusi dengan mereka mulai dari mengetahui perusahaan mesin tersebut menjual mesin apa saja dan ternyata didominasi mesin jahit. Akhirnya kami sepakat membuat kalender dengan bentuk mesin jahit untuk mereka. Ketika perusahaan mereka berulang tahun ke-40, kami sepakat membuat kalender dengan bentuk angka 40. Dimana setiap pemakaian bahannya kami pastikan tetap hemat agar harga yang ditawarkan tetap terjangkau.

Share Links