Part I : Menentukan Bahan Kertas

Kalian sering bingung gak sih kalau mau cetak sesuatu harus pake bahan kertas apa dan dengan ketebalan berapa? Untuk ketebalan kertas sendiri sudah dibahas di blog kami yang berjudul Offset Printing vs Digital Printing Eps.3

 

Nah masuk ke cara pemilihan kertas, sebelum itu ada gak nama bahan kertas yang kalian ketahui? Mungkin yang familiar dalam kehidupan sehari-hari kita adalah kertas HVS, Art paper, dan Art Carton. Sebenarnya ada banyak banget loh jenis-jenis kertas selain 3 jenis diatas. Biasanya pemilihan kertas disesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing guys.

 

Sekarang kita akan bahas pemilihan kertas untuk beberapa item, sebagai berikut :

1. Brosur

Pada umumnya bahan kertas yang dipakai untuk brosur itu ada 2 nih, ada art paper dan art carton. Untuk art paper sendiri, bahannya itu glossy finish dengan ketebalan yang umumnya dipakai untuk brosur adalah 100-120 gsm. Art paper ini cocok untuk brosur 1 lembar yang sering kita temui dengan ukuran a5 ataupun a6. Nah, untuk art carton tidak seperti karton tebal dibayangan kalian. Jadi art carton itu memiliki beragam ketebalan yang biasanya dipakai untuk mencetak brosur adalah art carton 190-210 gsm, ini cocok banget buat brosur yang dilipat gitu. Hasil dari art carton ini udah glossy tapi harus dikasih finishing seperti laminating atau varnish di atas kertasnya.

 

2. Kartu Nama

Untuk kartu nama kebanyakkan menggunakan bahan art carton dengan ketebalan 310-360 gsm lalu diberi finishing laminating doff untuk menambahkan kesan profesional. Tapi selain bahan basic seperti art carton banyak loh yang request menggunakan fancy paper untuk kartu namanya. Fancy paper itu kertas yang harganya cenderung lebih mahal dibandingkan art carton dan memiliki tekstur bawaan kertasnya sendiri. Jadi untuk fancy paper ini gak perlu diberi finishing lagi diatasnya. Penggunaan fancy paper ini memberikan kesan mewah pada kartu nama apalagi dibarengin dengan penggunaan foil silver ataupun gold.

 

3. Hangtag

Untuk hangtag bisa dibilang semua jenis kertas dapat dikreasikan, bahkan gak cuma kertas loh yang digunakan untuk hangtag. Ada kalkir dan mika juga yang disablon untuk hangtag. tapi mari kita fokus dulu ke kertas yang digunakan. Biasanya hangtag menggunakan kertas art carton 260-310 gsm, kertas ivory 300-350 gsm, samson kraft 250gsm. Samson kraft merupakan recycle paper dengan warna dasar cokelat jadi cocok banget untuk kalian yang mau memberi kesan vintage. Art carton dan ivory warna dasarnya putih sehingga cocok untuk cetakkan hangtag dengan cetakkan warna-warni.

 

Oke sekian dulu untuk pembahasan kali ini, nantikan Part II nya ya guys untuk item – item lainnya. Kalau ada yang mau ditanyain jangan sungkan-sungkan untuk mampir ke instagram kita di @btsprinting.id

 

Share Links