Offset Printing vs Digital Printing Eps.1

Kalian pasti berpikir bahwa printing offset sama saja dengan printing digital bukan? Sebenarnya, offset printing dan digital printing adalah dua hal yang berbeda loh… Letak perbedaannya ada di mana saja sih? Mari kita bahas satu per satu.

Mesin

Mesin yang digunakan dalam printing offset dan digital sudah jelas berbeda. Mesin offset ukurannya jauh lebih besar dan memakan tempat dibandingkan mesin digital. Pada mesin offset terdapat berbagai variasi jumlah warna seperti mesin 1 warna, 2 warna, hingga 5 warna. Maksudnya, jumlah warna yang ada di mesin percetakan offset dapat mempermudah dalam mencetak barang yang memiliki banyak variasi dan kombinasi warna. Misalnya barang yang ingin dicetak memiliki 5 variasi warna, dengan mesin 5 warna, dapat langsung dicetak sekali jalan saja. Mesin offset juga perlu melalui plat / film terlebih dahulu baru bisa dicetak di media seperti kertas, tidak seperti mesin digital yang dapat langsung dicetak di media kertas, karena mesin digital mengikuti perkembangan teknologi dan menggunakan sistem komputerisasi. Tinta yang digunakan pada mesin offset adalah tinta basah, sedangkan mesin digital menggunakan tinta kering (toner).

Proses

Proses percetakan antara offset dan digital pun berbeda cukup jauh. Untuk offset printing, perlu beberapa proses panjang sampai hasil cetakannya terbentuk. File design / materi yang ingin dicetak dipindahkan melalui plat / film terlebih dahulu, melalui proses di mesin sampai akhirnya dapat dicetak pada media yang diperlukan (kertas, dll). Sedangkan proses pada digital printing lebih cepat dan mudah, file design dapat langsung dicetak di media kertas. Ini berkat teknologi dan komputerisasi yang semakin canggih.

Waktu

Waktu yang diperlukan untuk mencetak secara offset lebih lama dibandingkan digital, karena offset harus melalui berbagai proses terlebih dahulu dan cukup memakan waktu. Dibandingkan dengan printing digital yang melalui sedikit proses saja, sehingga jauh lebih cepat dan mudah. Tetapi, jika jumlah yang ingin dicetak cukup banyak, maka akan jauh lebih cepat mencetak secara offset dibanding digital.

 

Dan masih banyak lagi perbedaan antara offset printing dan digital printing, yang akan dibahas pada episode selanjutnya.

Share Links