OFFSET PRINTING PAKAI TEKNOLOGI APA SIH?

Hey guys! Welcome back to BTS Printing… Kebanyakan dari kalian pasti sudah mengenal dong apa itu Offset Printing dan apa itu Digital Printing sesuai yang sudah kami jelaskan di episode Offset Printing vs Digital Printing. Kalau belum coba dilihat dan dibaca ya dulu ya.

 

Pernahkah kalian bertanya-tanya teknologi apa sih yang dipakai dalam industri Offset Printing? Kalo kalian penasaran yuk stay tuned karena dibawah ini kami akan bahas teknologi mesin apa sih yang dipakai.

 

Offset Printing merupakan teknik percetakan dengan menggunakan gambar yang terlebih dahulu di transfer ke plat offset berupa lembaran karet. Offset Printing pada umumnya menggunakan teknologi Computer to Plate (CTP). CTP merupakan istilah yang dipakai untuk pembuatan pelat cetak secara langsung yang dikendalikan oleh komputer dari data digital. Teknologi CTP ini pertama kali dikenalkan ke pasar pada akhir tahun 1993 pada gelaran IPEX, pameran perdagangan untuk industri graphic-art di Eropa, kedua terbesar setelah Drupa.

 

 CTP terdiri atas tiga komponen dasar, yaitu computer, imagining system, dan printing plate.

Computer

Komputer merupakan komponen dasar utama karena berpengaruh terhadap seluruh alur kerja pada proses Offset Printing. Sistem CTP pada umumnya terdiri dari beberapa computer yang disiapkan untuk berbagai macam fungsi seperti imposisi, Raster Imager Processor (RIP), penyimpanan data, dan pendukung kinerja image setter. Penggunaan elektronik pada computer ini menghasilkan penghematan terhadap waktu dan biaya plate making dibandingkan dengan cara manual. Cara manual atau ekspose plate dengan film dewasa ini sudah sangat jarang, mahal, dan prosesnya memakan waktu yang lama.

 

Imaging System

Pada komponen ini, transfer data digital dari komputer dalam memunculkan image pada permukaan pelat dilakukan oleh elemen yang terpusat dari komputer ke sistem image setter. Sistem sinar laser kebanyakan digunakan dengan tujuan untuk menghasilkan gambar pada pelat. Panjang dan kekuatan gelombang pada sinar laser dapat disesuaikan tergantung pada kepekaan permukaan pelatnya.

 

Percetakan Plat

Pada pengaplikasian CTP tersedia banyak jenis plate yang dapat digunakan, yaitu aluminium, polyester, atau kertas dengan coating. CTP dengan bahas aluminium merupakan yang paling populer dikarenakan ketahanan dan kualitas cetaknya pada mesin offset.

 

Nah kira-kira sekarang kalian sudah tahu gambaran teknologi CTP yang digunakan pada industri Offset Printing belum? Atau kalian masih penasaran tentang teknologi CTP? Tenang aja ya karena selanjutnya kami akan bahas tentang tiga teknologi CTP. Tetap pantengin terus ya website dan sosial media kami. Apabila ada yang ingin ditanyakan dan tertarik menggunakan jasa kami dapat menghubungi kami pada nomor atau email yang tertera dibawah ini ya. Eits jangan lupa juga untuk stay safe and stay healthy during this pandemic. Goodbye and see ya!

Share Links