Mari Kenalan Dengan Continuous Form

Continuous form berasal dari kata ‘continuous’ yang artinya terus-menerus, dan ‘form’ artinya bentuk, sehingga ‘continuous form’ dapat diartikan sebagai suatu jenis komponen kertas yang dibentuk secara bersambung terus-menerus antara satu sama lainnya. Ya, continuous form adalah kertas tipis yang saling bersambung antar halamannya, namun terdapat garis titik-titik / garis lipatan (perforasi) sehingga memudahkan kita untuk merobek kertas antar halaman tersebut. Pada continuous form, terdapat pinhole atau lubang-lubang pada bagian kiri dan kanannya.

 

Biasanya, continuous form sering digunakan pada berbagai kegiatan, terutama perkantoran, untuk membuat dokumen seperti invoice, kwitansi, nota, formulir pendaftaran, faktur pajak, tanda terima uang, surat pesanan barang, surat jalan, faktur penjualan, bon kasir, slip gaji, dan lain-lain. Sebagian besar continuous form digunakan sebagai bukti telah terjadinya suatu kegiatan / transaksi seperti penjualan / pembelian yang melibatkan uang. Bukti mutlak yang sah, dan dapat disimpan oleh beberapa pihak (pembeli, penjual, perusahaan). Karena continuous form memiliki beberapa lapis (biasanya 2-3 lapis) dalam sekali cetak, atau biasa disebut multiply.

 

Continuous form menggunakan kertas berbahan NCR (Non Carbon Required) merupakan bahan kertas yang dapat tembus warna tanpa karbon hitam. Biasanya NCR memiliki tiga lapisan kertas yakni top, middle, dan bottom. Dimana top sheet merupakan lembar pertama continuous paper, middle sheet berada di tengah-tengah, dan bottom sheet berada di paling bawah susunan kertas NCR. Kertas Continuous form biasanya memiliki ketebalan berkisar 50 sampai 55 gsm, hingga ukuran HVS 60 sampai 80 gsm. Ukuran panjang kertasnya juga banyak, biasanya sekitar 12 x 28 cm, 19 x 28 cm, 24 x 28 cm, hingga 38 x 28 cm, bergantung sesuai dengan keinginan dan penggunaannya.

 

Kertas ini juga harus menggunakan printer khusus lho, tidak bisa sembarangan cetak dengan mesin printer lain. Untuk dapat mencetaknya, ada printer khusus bernama printer dot matrix yang memang dibuat khusus untuk mencetak continuous form ini. Nah, sudah kenal kan dengan kertas yang sudah sangat sering ditemui ini?

Share Links