Macam-Macam Jenis Kalender

Pada artikel 6 Fungsi Kalender sudah dibahas mengenai fungsi-fungsi kalender dalam kehidupan sehari-hari kita. Nah, tau gak sih kalo ternyata kalender itu ada banyak jenisnya? Mari kita bahas macam-macam jenis kalender.

 

Kalender Meja

Kalender meja atau yang biasa disebut kalender duduk merupakan kalender yang paling banyak ditemui, terutama di lingkungan kantor. Sesuai namanya, kalender ini memiliki ukuran yang  tidak terlalu besar dan praktis, sehingga sangat mudah untuk diletakkan di atas meja kerja dan tidak makan tempat. Kalender meja biasanya dapat didesign menggunakan design-design, gambar, dan foto-foto yang menarik dan unik. Biasanya kalender meja dijilid spiral di bagian atasnya agar dapat dibolak-balik per bulannya. Umumnya terdapat space kosong pada setiap tanggalnya agar dapat diberikan coretan / note. Kalender meja umumnya memiliki ukuran sekitar 15 x 20 cm, dan dapat menggunakan berbagai macam jenis kertas yang cukup tebal, seperti art carton atau BW dengan ketebalan 210 – 260 gsm.

 

Kalender Dinding

Seperti namanya, kalender ini biasanya ditempel atau digantung di dinding ruangan, atau di dinding rumah. Fungsinya juga bisa menjadi dekorasi dinding ruangan. Kalender dinding memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kalender meja. Biasanya kalender dinding memiliki ukuran sekitar 32 x 48 cm, dengan jumlah kertas 2 - 12 halaman, tergantung pada jumlah bulan yang dimuat pada satu halaman. Pada satu halaman, dapat memuat 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, atau 6 bulan, dapat disesuaikan dengan keinginan. Bahan kertas yang dipakai untuk pembuatan kalender dinding juga bervariasi, seperti hvs atau art paper dengan ketebalan 80 - 150 gsm.

 

Kalender Poster

Kalender poster merupakan kalender yang cukup unik, karena fokusnya lebih mengutamakan pada posternya, sedangkan penanggalannya hanya berupa sampingan saja  yang disisipkan dengan ukuran yang kecil. Tidak seperti kalender lain yang fokus utamanya memang pada penanggalan kalendernya. Fokus utama pada kalender poster biasanya merupakan gambar atau foto, atau hal-hal yang berkaitan dengan promosi sebagai fokus utama. Kalender poster berukuran lebih besar dibanding kalender lainnya, sekitaran 46 x 64 cm dan hanya terdiri dari 1 lembar saja berisikan 12 bulan. Bahan kertas yang digunakan bisa dari art carton 190 – 206 gsm, atau duplex 260 – 300 gsm. Kalender ini biasa ditemukan di kamar (apalagi jika poster dengan foto artis favorit), atau di ruangan yang banyak didatangi orang-orang seperti ruang tunggu.

 

Itulah macam-macam jenis kalender berdasarkan ukurannya. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, bergantung pada tujuannya, ingin menggunakan kalender seperti apa dan untuk apa. Untuk bahan kertas dan ukuran, semuanya kembali lagi bergantung pada request designnya seperti apa. Jadi, kalau kamu mau request design seperti apa?

Share Links