LAMINASI DOFF ATAU GLOSSY? BEDANYA APA? PART 2

LAMINASI DOFF ATAU GLOSSY? BEDANYA APA? PART 2

Haii guys! Apa kabarnya? Kembali lagi bersama Minbi.. Kali ini Minbi akan melanjuti pembahasan mengenai laminasi doff dan glossy di part 2. Kalau kalian belum baca part 1 nya, dibaca dulu ya.. link nya akan Minbi taruh di bagian akhir dari artikel ini. Yuk kita lanjutin!

 

Laminasi Doff

 

Laminasi doff

 

Laminasi doff ini merupakan kebalikan dari laminasi glossy. Laminasi doff memiliki cirri khas yang tampak biasa pada permukaan hasil cetakan dan tidak berkilau atau memantulkan cahaya seperti laminasi glossy. Dapat dikatakan bahwa laminasi doff merupakan pelapisan untuk memberikan perlindungan pada hasil gambar yang tercetak agar bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah kotor. Karakteristik lain dari laminasi doff adalah tidak meninggalkan bekas sidik jari. Hasil cetakan dari laminasi doff akan tampak lebih eksklusif.

 

Kalian yang menginginkan cetakan dengan sentuhan efek yang tenang dengan kesan gambar yang mendalam tapi berkualitas tinggi, laminasi doff ini merupakan pilihan yang tepat. Lapisan pada laminasi doff memberikan nuansa yang lebih alami. Laminasi doff masih mungkin untuk penambahan tulisan di atas permukaannya apabila diperlukan. Hal ini berbeda dengan permukaan laminasi glossy yang sulit untuk menuliskan sesuatu diatasnya karena permukaannya yang licin.

 

Laminasi doff cocok bagi kalian yang ingin hasil cetakannya tampak agak buram dengan tekstur yang sedikit kasar. Contoh seperti undangan, cover majalah, dan leaflet. Laminasi doff ini juga direkomendasikan untuk melapisi gambar foto dan hasil cetak yang dipasangi lampu karena lapisan doff akan menyerap cahaya lampu, sehingga tampilan visualnya mudah terlihat. Hal ini berbeda dengan laminasi glossy yang memberikan efek visual berkilau saat terkena cahaya lampu.

 

Laminasi doff juga cocok pada penggunaan kertas barcode karena lapisannya membuat pemindaian lebih mudah terbaca. Namun demikan laminasi doff memiliki kelemahan dibandingkan dengan laminasi glossy dimana laminasi doff lebih rentan terhadap goresan, lipatan, dan juga noda.

 

Oke guys kira-kira seperti itu ya penjelasan dari apa itu laminasi doff dan apa itu laminasi glossy. Kalau kalian ingin cetak dan bingung mau menggunakan laminasi yang mana, kalian bisa kontak kami ya dan free konsultasi. Kontak tertera di website ini ya. Okedeh kalau gitu teman-teman semua tetap jaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya! Minbi pamit dulu mau naik gunung cari inspirasi hehee.. See ya!

 

Baca juga: https://www.bintangtimursempurna.co.id/blog/laminasi-doff-atau-glossy-bedanya-apa-part-1.html

Share Links