LAMINASI DOFF ATAU GLOSSY? BEDANYA APA? PART 1

Hello guys! Happy Tuesday! Kembali lagi sama Minbi… Kesempatan kali ini Minbi mau bahas ni perbedaan dari laminasi doff atau glossy itu apa. Sebelumnya udah ada yang tau apa itu laminasi doff dan apa itu laminasi glossy? Kalau belum jangan kemana-kemana yak! Yuk markitbas!

 

Industri percetakan kini semakin berkembang dikarenakan kebutuhan konsumen yang menginginkan variasi pada hasil cetak yang memberikan nuansa yang berbeda. Supaya dapat memberikan hasil cetakan yang berkualitas, disinilah peran penting dari proses laminasi. Laminasi merupakan proses untuk melapisi kertas hasil cetak. Proses laminasi ini menggunakan lembaran film plastik yang bening dan tipis untuk melapisi permukaan bahan cetakan.

 

Laminasi ini guys penting dikarenakan akan memberikan hasil cetakan yang berkualitas dan memberikan kesan mewah. Selain itu dapat melindungi kertas dari kerusakan ataupun robekan. Pada tampak penampilan, laminasi akan memberikan efek visual yang lebih menarik pada hasil cetakan. Laminasi ini terdapat dua jenis yang sering digunakan pada umumnya, yaitu laminasi doff dan laminasi glossy.

 

Laminasi doff dan glossy mempunyai perbedaan dan keunggulan masing-masing. Pertimbangan dalam memilih menggunakan laminasi doff maupun glossy didasarkan pada hasil cetakan masing-masing jenis. Berikut adalah perbedaan laminasi doff dan laminasi glossy.

 

Laminasi Glossy

 

laminasi glossy

 

Laminasi gloffy akan memberikan hasil lapisan cetak yang berkilau atau memantulkan cahaya pada permukaannya. Material laminasi glossy juga akan memberikan efek licin mengkilap. Kemudian tinta pada gambar cetakan akan terlihat lebih pekat dikarenakan laminasi glossy memiliki keistimewaan untuk menyerap warna. Bahan yang sudah dilaminasi akan relatif tahan terhadap air dan sinar UV.

 

Apabila kalian memilih menggunakan laminasi glossy sebaiknya kalian melapisi kedua sisi kertas karena apabila tidak, kertas dapat melengkung. Laminasi glossy ini membuat permukaan kertas menjadi lebih awet terhadap goresan dan menciptakan kesan tebal dan kuat. Jika terdapat debu atau sidik jari, bisa dibersihkan dengan mudah ya guys.

 

Laminasi glossy bertujuan untuk menarik perhatian mata. Oleh karena itu laminasi glossy banyak dipakai pada media alat promosi sebab tulisan, warna, dan gambar akan lebih terlihat tajam. Beberapa hasil contoh cetakan yang menggunakan laminasi glossy adalah leaflet, brosur, dan poster. Cetakan undangan pernikahan juga seringkali menggunakan laminasi glossy. Kemudian cover buku juga pada umumnya menggunakan laminasi glossy karena dapat memikat perhatian. Laminasi glossy juga memiliki karakteristik mudah untuk dilipat. Oke guys sampai disini dulu karena Minbi akan melanjutkan membahas apa itu laminasi doff di part 2 ya! Jadi pantauin terus website blog Bintang Timur Sempurna ya! Stay safe and stay healthy! See ya!

Share Links