Ketahui Jenis-jenis Label Baju

Hellow guys! Welcome back to BTS. Hari ini Minbi akan membahas “Jenis-jenis Label Baju”. Yuk simak dulu!

 

Label Baju? Yang label ukuran itu sama logo itu bukan sih? Bahannya yang kain ada juga lembut-lembut tapi itu apa ya? Nah kebetulan banget nanti Minbi akan bahas jenis-jenis label baju itu apa aja sih. Sebelum itu kita harus tau dulu ya label baju itu apa. Label baju merupakan suatu objek yang menunjukkan suatu informasi seputar baju tersebut. Biasanya informasi tersebut dapat berupa logo, size/ukuran, bahan, dan cara perawatannya.

 

Label perawatan dan cara mencuci pakaian pada umumnya mengikuti standar yang telah ditentukan. Biasanya mengikuti standar yang dikembangkan oleh American Society for Testing and Material (ASTM). Kemudian aturan pelabelan berisi satu tahap metode pencucian yang dikembangkan Federal Trade Commission (FTC) pada tahun 1972 untuk label Paxar.

 

Ada beberapa jenis label baju yaitu, woven damask, satin printing, satin damask, label taffeta, dan hang tag.

 

  1. Woven Damask

 

Label baju woven damask ini biasa dikenal dengan sebutan label rajut. Hal tersebut disebabkan karena cara pembuatannya dengan cara di rajut dengan bahan dasar berupa benang-benang woven yang halus. Hasilnya label woven damask ini memiliki tekstur yang berisi, agak keras, berserat, namun tetap halus apabila disentuh. Label woven damask ini cara penempatannya strategis dan terletak pada leher pakaian, lengan, atau bagian luar lainnya. Label woven damask ini cocok digunakan untuk produk pakaian orang dewasa.

 

Label Baju

 

  1. Satin Printing

 

Label satin printing merupakan label baju yang terbuat dari bahan satin yang memiliki sifat sangat lembut serta mengkilap sehingga label ini sangat pas digunakan untuk produk baju atau pakaian anak-anak dan bayi. Cara pembuatannya adalah dengan cara dicetak melalui printer dengan tinta khusus yang meresap pada kain satin.

 

Label Baju

 

  1. Label Taffeta

 

Label taffeta merupakan label baju yang cara pembuatannya dengan dibordir dan sangat unggul karena mampu menciptakan huruf-huruf dengan sangat jelas. Label taffeta ini juga sedikit kaku.

 

Label Baju

 

  1. Satin Damask

 

Label satin damask ini merupakan label baju yang terbuat dari bahan satin, namun cara pembuatannya dengan cara dirajut seperti label woven damask. Bahan yang digunakan bukanlah benang woven melainkan kain satin.