Kenalan Dengan Finishing Cetak

Apa sih finishing cetak itu? Jadi finishing cetak adalah proses tambahan yang diberikan pada hasil cetak agar cetakkan lebih mewah, indah, dan awet. Dalam dunia percetakkan finishing sendiri memiliki banyak jenis yang memberikan hasil yang berbeda satu sama lain bahkan bisa juga dipakai berbarengan. Jadi kalian bisa menggabungkan 2 atau lebih jenis finishing dalam satu cetakan. Yuk kita kenalan dengan jenis-jenis finishing cetak ini.

 

1. Laminating Doff/Glossy/Soft touch

Lamianting adalah proses pelapisan bahan kertas dengan plastik tipis agar kertas lebih awet dan tidak mudah luntur. Tapi ingat ya laminating disini beda dengan di tempat fotocopy karena laminating ini tidak akan keliatan sama sekali lapisan plastiknya. Untuk laminating sendiri umumnya ada dua jenis yaitu doff dan glossy. Kalau laminating doff memberikan tampilan tidak mengkilat, laminating glossy memberikan tampilan yang mengkilat, licin, dan memantulkan cahaya. Sedangkan laminating soft touch memberikan tampilan yang sama seperti laminating doff, bedanya adalah laminating soft touch memberikan efek hands feel velvet. Sehingga ketika kita pegang dan usapkan jari kita akan terasa lembut seperti bludru.

 

2. Foil Hot Print

Pada proses finishing ini kita dapat memilih foil seperti emas, silver, rosegold, dan masih banyak lagi yang akan di press ke cetakkan untuk memberikan kesan mewah. Biasanya foil sering dijumpai untuk cetakkan kartu nama, undangan pernikahan, dan box kosmetik. Karena memang kelebihan foil adalah menampilkan kemewahan.

 

3. Cetak Timbul (Emboss/Deboss)

Cetak timbul merupakan proses menatah kertas sehinggan memunculkan efek 3D. Cetak timbul ada dua jenis yaitu emboss dan deboss. Emboss membuat efek kertas tampak timbul, sementara deboss membuat efek kertas seolah tenggelam. Teknik emboss dan deboss sering dijumpai untuk kertas menu hotel, kartu nama, box kosmetik dan masih banyak lagi. Teknik ini bisa dipakai untuk memberikan hasil akhir yang unik dan eksklusif.

 

4. Spot UV

Hampir sama dengan laminating, spot uv merupakan proses melapisi kertas agar tampil mengkilat. Bedanya, Teknik ini menggunakan cairan dan biasanya hanya diterapkan pada bagian tertentu yang ingin ditonjolkan saja, contohnya logo perusahaan.

 

Nah Keempat jenis finishing tersebut bisa banget dikombinasikan secara bersamaan pada satu hasil cetakkan yang sama. Contohnya adalah Hangtag Fila yang kami produksi dengan laminasi soft touch, proses emboss, dan spot uv. Kebayang dong betapa eksklusif tampilan hangtag fila tersebut yang menimbulkan kesan bahwa produk fila hingga ke brandingnya bagus semua.

 

Sekian blog kali ini, kalau kalian ada request mau bahas apa nextnya dan ada pertanyaan seputar cetakkan, bahan, apapun itu boleh banget dm ke ig kami di  @btsprinting.id

 

Share Links