Jenis-jenis dan Fungsi-fungsi Buku Agenda

Hello guys! Kembali lagi sama Minbi! Minbi mau membahas jenis-jenis dan fungsi-fungsi buku agenda ni guys.

 

Bagi kebanyakan orang mencatat hal-hal yang penting merupakan suatu keharusan guna mengingatkan akan hal tersebut. Pada umumnya orang-orang akan menggunakan buku untuk menulis berbagai macam hal yang biasa dikenal dengan istilah buku agenda. Tapi tahukah kalian bahwa buku agenda memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda? Yuk simak dulu pembahasan jenis-jenis dan fungsi-fungsi buku agenda!

 

Jenis-jenis Buku Agenda

 

  1. Buku Agenda Tunggal

 

Buku agenda tunggal merupakan buku yang cocok digunakan untuk pencatatan surat keluar dan masuk serta penomoran yang ditulis secara berurutan pada setiap halaman. Buku ini pada umumnya ditulis dengan format yang terdiri dari nomor surat, tanggal penerimaan surat, nama, instansi atau perusahaan, perihal, dan lampiran yang diteruskan pada keterangan serta kode arsip.

 

  1. Buku Agenda Berpasangan

 

Buku agenda berpasangan merupakan buku yang penulisan surat masuk dan keluar ditulis secara berpasangan pada satu buku.

 

  1. Buku Agenda Kembar

 

Buku agenda kembar merupakan buku yang dimana surat masuk dan surat keluar ditulis secara terpisah.

 

Fungsi-fungsi

 

  1. Bukti surat masuk dan keluar

 

Hal ini memudahkan kita dalam mencari berkas-berkas tertentu karena detail dari setiap surat masuk dan surat keluar dapat diidentifikasi dengan mudah.

 

  1. Mengetahui jumlah surat masuk dan keluar

 

Buku agenda sangat membantu apabila suatu perusahaan ingin melihat kembali berapa jumlah surat masuk dan jumlah surat keluar dalam periode tertentu.

 

  1. Mengetahui penomoran surat keluar

 

Mempermudah melakukan penomoran dalam pembuatan surat karena surat sebelumnya tertulis secara berurutan.

 

  1. Membantu pencarian surat

 

Pada saat kondisi tertentu, suatu perusahaan atau instansi mungkin perlu meninjau kembali surat-surat terdahulu yang telah tersimpan. Dengan terteranya identitas surat tersebut secara berurutan akan mempermudah dalam melakukan pencarian surat yang diinginkan.

 

Oke guys jadi kira-kira itu penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dan fungsi-fungsi buku agenda ya. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimanapun kalian berada. Stay safe and stay healthy!

 

Baca juga: Perbedaan Corrugated Box, Card Box, dan Rigid Box

Share Links