INILAH BAHAN KERTAS DAN JENIS WARNA YANG TEPAT

Halo semua! Kembali lagi sama Minbi. Hari ini Minbi mau bahas tentang “Inilah Bahan Kertas dan Jenis Warna Yang Tepat” ni guys. Kalian udah tahu belom brosur menggunakan kertas apa? Kalo belom tau jangan kemana-kemana dulu ya!

 

Cetak brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk mempromosikan usaha kamu agar dapat dikenal oleh banyak orang. Walaupun saat ini promosi di sosial media sedang digandrungi, namun tetap promosi melalui brosur masih memiliki pengaruh hingga saat ini. Cetak brosur merupakan sarana promosi yang cukup efektif karena kamu dapat menyebarkan brosur yang telah kamu buat kepada orang-orang yang sedang berlalu lalang.

 

Dalam mencetak brosur, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan mulai dari penyampaian materi yang singkat, jelas, dan menarik perhatian serta biaya yang dikeluarkan. Selain itu desain dari brosur juga harus dapat menarik perhatian pelanggan agar tidak langsung dibuang begitu saja.

 

Brosur ini pada umumnya menggunakan dua jenis bahan kertas, yaitu kertas HVS dan kertas Art Paper.

 

  1. Kertas HVS

 

Kertas HVS sendiri mempunyai tekstur yang berserat dan kasar. Kertas HVS juga memiliki beragam jenis ketebalan. Ukuran HVS yang biasa digunakan sebagai berikut:

 

  • Ukuran A3
  • Ukuran A4
  • Ukuran A5

 

  1. Kertas Art Paper

 

Kertas Art Paper sebaliknya memiliki tekstur yang mengkilap dan licin di kedua sisinya. Pada umumnya kertas Art Paper di cetak menggunakan mesin printing offset dan digital. Kertas Art Paper ini menimbulkan kesan yang mewah dikarenakan tampak mengkilap.

 

Kemudian brosur juga memiliki 2 jenis berdasarkan warna, yaitu brosur hitam putih dan brosur warna.

 

  1. Brosur Hitam Putih

 

Brosur hitam putih nampak terlihat biasa saja dikarenakan hanya dicetak menggunakan warna hitam saja. Namun biaya cetak brosur hitam putih ini jauh lebih murah dibandingkan cetak brosur warna.

 

  1. Brosur Warna

 

Brosur warna ini tentu memiliki tampilan yang sangat menarik dan interaktif. Brosur warna ini dicetak menggunakan mesin printing khusus dan memakai perpaduan warna dasar seperti Cyan, Magenta, Yellow, dan Black (CMYK). Brosur warna jelas memiliki biaya cetak yang lebih mahal dibandingkan brosur hitam putih karena varian warna yang dipakai lebih banyak.

 

Oke guys jadi itu sekian informasi yang bisa kamu gunakan ketika mau cetak brosur kamu ya! Minbi pamit dulu dan selalu Minbi ingetkan untuk menjaga protokol kesehatan ya guys! Happy Friday!

 

Baca juga: 15 Jenis Majalah

Share Links