Era Digital, Perlukah Kartu Nama?

Setelah mengetahui pentingnya kartu nama pada  artikel Kartu Nama Penting Gak Sih? , pasti muncul pemikiran, apakah sekarang ini masih diperlukan kartu nama? Karena perkembangan teknologi yang sudah terlalu canggih, menyebabkan banyak hal yang berubah secara digital. Termasuk dalam berjejaring dan bersosialisasi dengan orang-orang. Lalu untuk apa lagi diperlukan kartu nama pada era digital seperti ini? Apalagi jika semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui sosial media. Begitu juga dalam berbisnis, kerja sama bisnis dan transaksi jual beli dapat dengan mudah dilakukan melalui marketplace dengan online shop.

 

Eits, tunggu dulu! Memang perkembangan teknologi pada era digital seperti ini memudahkan dalam berbisnis dan bekerja secara online. Tapi tau gak sih? Kalo ternyata ga semua bisnis dan kerjaan bisa dilakukan secara online loh. Dan lagi, orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kerja dan bisnis, belum tentu paham dan bisa menggunakan teknologi dengan baik, sehingga lebih memilih menggunakan metode konvensional. Terutama orang-orang yang sudah berumur cukup tua.

 

Saat meeting dengan klien, atau bertemu dengan orang baru, akan terlihat lebih profesional dan lebih sopan jika meminta atau memberikan kartu nama, dibandingkan harus menanyakan nomor handphone atau sosial media, yang mana dianggap kurang etis. Jika sedang dalam keadaan buru-buru, kartu nama juga bisa menjadi solusi yang praktis, mudah, dan cepat untuk bisa menjalin relasi. Kartu nama juga bisa dipajang di tempat-tempat yang mudah dilihat atau sering dikunjungi orang, agar dapat lebih di-notice oleh orang-orang dan dapat diambil, dibandingkan hanya menaruh nama media sosial saja, orang-orang akan lebih malas untuk mencari lagi.

 

Kartu nama juga bisa diarsipkan, disimpan, atau dikumpulkan secara fisik pada suatu tempat, sehingga mencegah kehilangan atau terhapusnya data yang dapat terjadi jika disimpan melalui handphone. Memang ada cloud atau online archive, tetapi tetap saja semuanya itu bisa hilang, entah karena terhapus, lupa email / password, storage penuh, eror data, atau bahkan ke-hack, sehingga kontak-kontak tersebut bisa hilang.

 

Dan masih banyak lagi kondisi-kondisi yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Memang terkesan sepele dan kecil, namun ternyata kartu nama memang masih diperlukan pada era digital seperti sekarang ini loh… dan masih akan tetap diperlukan kedepannya.

Share Links