Arti-arti Warna Menurut Psikologi

Haii semua kembali lagi sama Minbi! Kesempatan kali ini Minbi akan membahas arti-arti warna menurut psikologi ya! Hal ini berkaitan juga dengan artikel sebelumnya mengenai teknik perpaduan warna yang tepat untuk usahamu. Kenapa? Karena kalian juga dapat menentukan warna yang sesuai dan tepat berdasarkan karateristik usaha yang ini kalian buat. Jadi jangan kemana-kemana dulu ya!

 

Dari berbagai macam warna yang tercipta hampir seluruh orang yang hidup di dunia ini penuh warna dan memiliki ciri  khas warna yang mereka sukai masing-masing. Tapi, apakah kalian sudah tahu warna-warna tersebut memiliki arti tersendiri? Interpretasi warna dan hubungannya dengan kehidupan manusia banyak dijelaskan dalam konsep psikologi warna.

 

Psikologi warna merupakan teori yang digunakan untuk menjelaskan pengaruhnya pada suasana hati, perasaan, emosi, dan perilaku manusia. Pandangan manusia terhadap arti warna pada umumnya berbeda-beda, tapi ada beberapa jenis warna yang memiliki arti yang universal bagi kebanyakan orang. Golongan warna merah dikenal dengan warna hangat seperti, warna merah, jingga, dan kuning. Golongan warna biru dikenal dengan warna dingin seperti, biru, ungu, dan hijau. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan singkat mengenai warna-warna tertentu dan pengaruhnya terhadap manusia berdasarkan psikologi warna.

 

  1. Warna Hitam

 

Warna hitum pada umumnya menggambarkan nuansa yang misterius, keberanian, kekuatan, atau rasa tidak bahagia/berduka. Hitam sering dipakai sebagai symbol ancaman atau kekuatan. Pada kebanyakan budaya, warna hitam dikaitkan dengan kematian dan perasaan berkabung.

 

  1. Warna Merah

 

Warna merah pada umumnya menggambarkan cinta, gairah, kekuatan, dan juga kemarahan. Kecerahan pada warna merah bisa membangkitkan emosi dengan kuat. Warna merah ini juga dikaitkan dengan rasa hangat dan nyaman. Bagi sebagian besar orang warna merah ini sering dilambangkan juga sebagai symbol keberanian.

 

  1. Warna Putih

 

Warna putih pada umumnya menggambarkan kedamaian, kesucian, kekosongan, dan kepolosan. Warna putih juga dapat melambangkan awal yang baru, serta memberikan efek yang membuat ruang terasa lebih besar dan luas. Selain itu warna putih ini menggambarkan perasaan yang dingin, hambar, dan steril serta membosankan.

 

  1. Warna Hijau

 

Warna hijau pada umumnya menggambarkan warna alam, keamanan, keberuntungan, dan kecemburuan. Warna hijau ini juga dijadikan sebagai symbol kesuburan. Selain itu warna hijau juga memiliki efek yang dapat menenangkan dan menghilangkan stress.

 

  1. Warna Biru

 

Warna biru pada umumnya menggambarkan ketenangan, kestabilan, produktif, dan kesedihan. Warna biru memberikan nuansa yang tenang, aman dan damai. Warna biru sering dipandang sebagai tanda stabilitas. Warna biru sering digunakan untuk menghias kantor karena berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang lebih produktif ketika berada di ruangan biru.

 

  1. Warna Cokelat

 

Warna cokelat pada umumnya menggambarkan kekuatan keamanan, alam, dan isolasi. Cokelat dianggap bisa membangkitkan kekuatan dan ketahanan. Selain itu warna cokelat juga dapat menciptakan perasaan sepi, sedih, dan terasingkan.

 

  1. Warna Kuning

 

Warna kuning pada umumnya menggambarkan kehangatan, kecerahan, perhatian, dan energi. Warna kuning biasa sering dilambangkan sebagai hal yang ceria dan hangat. Warna kuning ini juga eye-catching atau dapat menarik perhatian. Tapi, warna kuning juga dapat menciptakan perasaan frustasi.

 

  1. Warna Ungu

 

Warna ungu pada umumnya menggambarkan kebijaksanaan, kekayaan, imajinasi, dan misterius. Warna ungu biasa dilihat sebagai warna yang mewah dan terkadang terlihat eksotis. Pada psikologi warna, warna ungu memiliki karakteristik yang menenangkan. Warna ungu juga bahkan dapat membangkitkan imajinasi.

 

  1. Warna Merah Muda (Pink)

 

Warna merah muda pada umumnya menggambarkan keromantisan, kebaikan, dan ketenangan. Warna merah muda dipercaya mempunyai efek menenangkan, tetapi para ahli menemukan bahwa efek ini hanya terjadi selama paparan awal. Warna merah muda biasa juga digambarkan sebagai warna feminin yang berkaitan dengan karakteristik yang lembut dan kasih sayang.

 

  1. Warna Jingga (Oranye)

 

Warna jingga pada umumnya menggambarkan kebahagiaan, antusiasme, energi, dan fokus. Warna jingga merupakan kombinasi dari warna merah dan warna kuning yang biasanya dianggap sebagai warna energik. Warna jingga dapat menciptakan perasaan bahagia, hangat, dan antusias. Warna jingga juga dapat menarik perhatian.

 

Oke guys jadi itu penjelasan singkat dari arti-arti warna menurut psikologi ya! Semoga bermanfaat bagi kalian semua! Minbi pamit dulu dan tetap semangat menjalani aktivitas hari ini ya! Stay safe and stay healthy!

 

Baca juga: Teknik Perpaduan Warna Yang Tepat Untuk Usahamu Part 2

Share Links