10 Jenis Stiker (Part 1)

Stiker yang biasa kita temui merekat pada suatu benda ternyata ada banyak loh jenisnya, setidaknya ada 10 jenis stiker yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, tergantung pada kebutuhan pemakaian dan pada bidang seperti apa akan ditempelkan, serta berapa lama ketahanannya.

 

1. Vinyl

Merupakan variasi stiker yang paling sering dijumpai dan paling banyak dipakai karena memiliki ketahanan yang sangat kuat dan anti air. Stiker vinyl cocok untuk digunakan di outdoor karena kebal dengan cuaca yang ekstrem dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Penggunaan stiker ini sangat bervariasi, namun umumnya ditempelkan pada kaca mobil, banner, stiker untuk poster, dan beragam kebutuhan lainnya. Stiker ini juga cukup mahal karena harus dicetak dengan printer khusus, yaitu Laserjet Printer.

 

2. HVS

Stiker yang juga paling banyak digunakan oleh banyak orang dengan menggunakan bahan kertas HVS. Umumnya stiker ini digunakan untuk label yang ditempelkan di buku tulis, undangan, souvenir, kemasan, dan lain sebagainya. Biaya produksinya jauh lebih murah dibandingkan stiker vinyl. Karena bahannya yang terbuat dari HVS tersebut, stiker ini sangat mudah luntur apabila terkena air dan juga akan mudah memudar sehingga lebih cocok untuk digunakan dalam jangka pendek.

 

3. Oracal

Jenis sticker Oracal adalah stiker outdoor yang biasa dipakai untuk keperluan outdoor yang memerlukan ketahanan ekstra jika dibandingkan dengan stiker Vinyl. Penerapannya yang paling sering kali ialah sebagai cutting sticker pada motor, kendaraan beroda empat, helm, dan lain sebagainya yang umumnya lebih gampang dilepas dan tak terlalu meninggalkan bekas pada permukaan.

 

4. Hologram / Foil

Stiker Hologram atau yang biasa disebut juga Foil adalah stiker yang memiliki lapisan berkilau layaknya logam, berwarna perak atau emas metalik, yang umumnya menggunakan bahan yang disebut dengan Polyflex, serta mulai semakin banyak dipakai sebagai salah satu alternatif teknik sablon kaos yang unik dan tahan lama. Stiker ini juga sering disebut stiker tiga dimensi atau lima dimensi merupakan sebuah stiker yang menggunakan sinar laser dalam pembuatannya. Dengan bantuan sinar laser, gambar pada stiker akan terlihat masuk atau keluar seolah berputar atau bergerak, serta memantulkan warna-warni seperti pelangi.

 

Bersambung ke part selanjutnya ya guys!

Share Links